News: Implant Payudara Harus Diangkat

PARIS — Sekitar 30.000 wanita Prancis dan mungkin puluhan ribu lainnya di seluruh dunia kemungkinan harus melakoni operasi pengangkatan implant payudara setelah terjadinya beberapa kasus dugaan kanker.

Keputusan untuk memerintahkan pengangkatan implant, yang diproduksi perusahaan Poly Implant Prothese (PIP), akan diambil pada pekan ini. Keputusan itu didasarkan pada laporan dari National Cancer Insitute pada 23 Desember.

“Pertanyaan yang kami tanyakan adalah: ya atau tidak, apakah kami harus merekomendasikan wanita agar mengangkat implant payudaranya?” ujar seorang pejabat kementerian kesehatan Prancis, dikutip AFP.

Untuk sekarang, menurut pejabat itu, “hubungan kausal” antara implant dan kasus kanker “belum terbukti ada” dan “tidak ada risiko kesehatan segera”.

Mengutip pernyataan beberapa pejabat senior medis, koran Liberation terbitan Prancis kemarin melaporkan bahwa keputusan itu sudah dibuat dan aparat kesehatan akan memerintahkan pengangkatan semua implant payudara.

Belum jelas berapa banyak wanita di luar Prancis yang menggunakan produk PIP, tapi perusahaan itu pernah menjadi produser implant silikon ketiga dunia itu dengan memproduksi 100.000 implant per tahun dan mengeskpor 80% produksinya. Implant ini adalah salah satu implant payudara termurah yang tersedia di dunia.

Menurut Liberation, sekitar 300.000 wanita di seluruh dunia memasang implant payudara produksi PIP.

PIP tutup dan tahun lalu produknya dilarang beredar setelah terungkap mereka telah menggunakan gel silikon yang tidak diizinkan yang menyebabkan tingginya rata-rata terjadinya pecah-pecah pada produk mereka.

Pekan lalu, petugas medis menyatakan, ada delapan kasus kanker, sebagian besar kanker payudara, dilaporkan terjadi pada wanita yang menggunakan implant produksi PIP.

“Penting sekali bagi semua wanita yang telah menerima implant PIP agar kembali ke dokter bedah mereka,” papar juru bicara pemerintah Prancis Valerie Pecresse, kepada televisi LCI.

Dia menambahkan, biaya pengangkatan implant itu akan ditanggung asuransi kesehatan pemerintah. “Pemerintah akan mengumumkan rencana aksnya pada akhir pekan ini,” ujar dia. “Tapi, kami harus terlebih dahulu melakukan sensus terhadap wanita yang mendapatkan implant itu dan yang berpotensi menghadapi bahaya.”

Jaksa penuntut di Marseille, dekat markas perusahaan itu di Seyne-sur-Mer, telah menerima lebih dari 2.000 keluhan dari wanita yang melakukan operasi implant dan membuka investigasi kriminal terhadap PIP.

Laurent Lantieri, salah satu ahli bedah kosmetik yang terkenal dan seorang anggota komisi departemen kesehatan atas masalah itu, memaparkan, tidak ada pilihan lain kecuali mengangkat implant itu. “Kami semua menyepakati pentingnya keputusan ini,” papar dia. “Kami menghadapi krisis kesehatan terkait penipuan. Semua profesi menyadarinya. Tidak ada urgensi, tapi kita tidak lagi punya pilihan lain—semua implant ini harus diangkat.”

Sejauh ini baru 523 wanita yang melakukan pengangkatan implant PIP mereka setelah cacat dalam produk itu terungkap.

Liberation mengutip Direktur Jenderal Kesehatan Prancis Jean-Yves Grall yang menuturkan, sementara negara akan menanggung biaya penangkatan implant itu, mereka tidak akan membayar pemasangan implang baru kecuali wanita itu menjalani operasi rekonstruksi akibat mastektomi. “Itu tidak mengejutkan saya,” papar Lantieri. “Bukan urusan masyarakat membayar implant baru untuk alasan estetika di masa krisis seperti ini.”

Photo Courtesy: REUTERS/Eric Gaillard

About alvinpirlo

I am everything as I am
This entry was posted in News and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s